Senin, 09 Mei 2011

Wisata Tanggamus Lampung

Bendungan BatuTegi Tanggamus Lampung



Tanggamus merupakan daerah mempunyai salah satu wisata atau tempat yang dapat di kunjungi yaitu PLTA bendungan batutegi terletah di tanggamus, lampung. Bendungan ini merupakan pekerjaan proyek di PLTA yang dulunya kalau gak salah sebuah sungai tetapi opleh pekerja PLTA membagun sebuah  bendungan yang menahan air sungai mengalir ke daerah lain dan di perkecil volume air yang keluar dari bendungan itu, sehingga meraka menjadikan air sungai itu menjadi daya untuk menjadikan tengan listrik di tanggamus dan sekitar.


Bendungan BatuTegi ini di bangun sekitar tahun 1998 dan menelan korban jiwa dalam pembuatan trowongan air di bendungan itu, fungsi trowongan air itu jika volume air itu menambah sekitar 1.5 mater maka air itu akan masuk di trowongan yang dibuat sehinga air bisa di buang dengan baik.

bendungan terlihat dari bawah



Bendungan ini panjangnya sekitar 300 meter dan ketinggian sekitar 100 meter dari pembangkit listriknya, jadi jika posisi di pembangkit listrik air itu di atas kita. Dan bendungan ini di resmikan oleh Presiden kita ibu megawati soekarnoputri pada tahun sekitar 2005, dan kata masyarakat sekitar bendungan ini merupakan bendungan terbesar di ASIA wauuu mantab jika benar berarti inidonesia memiliki daerah yang sangat baik...

dah dulu ya kawan-kawan semoga kalian tertarik salam hangat dari penulis blog ^_^ by,,,

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification